Kemajuan teknologi memang begitu cepat, salah satunya di bidang telpon genggam, dulu sebelum era smartphone android atau pun apple, nokia merajai dunia dengan hp-hp nya, banyak seri hp yang di jual nokia mulai dari segmen low-end sampai hp high-end belasan juta.

Saya pun sempat beberapa kali pegang hp-hp nokia tapi ada satu tipe yang paling berkesan, ya sama seperti di postingan saya sebelumnya yaitu Nokia 5130 Xpressmusic. Kali ini saya akan me-review hp legendaris ini secara mendetail se pengalaman saya pegang hp ini.

Dulu nokia memang selalu memberi pesona yang istimewa untuk para penggunanya, apalagi buat para pecinta musik, saingan terberat sony ericsson tipe walkman ini memang punya banyak penggemar, selain kualitas audionya dedicated tombol musiknya juga sangat khas, adik terdekat nokia 5310 xpressmusik ini memang tidak seramping kakaknya dan versi java nya pun masih di bawahnya tetapi desain luar maupun dalamnya sangat saya suka, ya mungkin ini soal selera.

Saat ini saya masih pakai hp ini walau hanya untuk hp kedua saya dan juga sebagai media pemutar lagu-lagu yang saya punya, jika kita cari sekarang di toko online kebanyakan versi refurbish tapi masih lebih baik dari kondisi hp-hp seken nokia yang kondisi fisik dan jeroannya sudah menghawatirkan adapun yang jual dengan kondisi mulus tentu di bandrol jauh lebih mahal dari harga rilisnya.

Maklum nokia 5130 pertama kali di rilis februari 2009 lebih dari 10 tahun dengan harga 1,2juta saat itu, cukup mahal untuk sebuah featurphone tapi dengan kualitas yang terjamin dari nokia dan fitur musiknya yang sangat bisa di andalkan tentu harga tersebut tidak seberapa. Pun jika kita beli saat ini harga nya kisaran 300ribu untuk kondisi refurbish bahkan jika cari yang kondisi bekas nya pun sudah di bawah 200ribu.

Spesifikasi dasar hp ini sangat cupu jika di bandingkan dengan hp jaman sekarang, cek saja jaringan yang tersedia hanya sebatas 2,5G atau EDGE tanpa dukungan wifi dan cukup dengan bluetooth 2.0 yang lumayan tertinggal. Di segi layar nokia 5130 di bekali resolusi potret 240x320 rasio 4:3 dan memiliki kerapatan pixel 200ppi kecil jika di bandingkan smartphone jaman sekarang, namun dengan ukuran yang kecil itu dapat menghasilkan gambar yang jernih dan halus juga dengan dukungan 256 juta warna.


Di segi kapasitas memori hp ini di bekali memori internal 30 mb yang bisa di ekspan microSD sebesar 16gb namun di sarankan hanya memakai 2gb saja, sudah bisa untuk menyimpan koleksi musik. Bicara musik semua fitur esensial pecinta musik sudah lumayan lengkap tersedia, dari ketersediaan pemutar musik yang bisa di pakai di background, tombol musik khusus, jack 3,5mm dan bisa memainkan format lagu seperti AAC, eAAC, eAAC+, MP3, 64- Midi, WMA, dan WAMR.

Hp ini juga di bekali batre 1020 mAh bertipe BL-5C yang di klaim nokia mampu stand-by sampai 288 jam tapi sepemakaian saya sehari bisa 2x cas, untuk saya yang sering denger musik setiap saat. Fitur lainnya hp ini sudah di lengkapi FM Radio, Java MIDP 2.1 dan langsung di beri opera mini v1.0 sebagai browser bawaan. oh iya dulu koleksi game di hp ini bisa sampai puluhan, karena banyak sekali game java jaman dulu dan game bawaannya pun cukup seru yaitu Bounce Tales dan snake.

Untuk kamera mungkin tidak terlalu wah untuk sekarang hanya di bekali kamera beresolusi 2 megapixel tanpa flash dan mampu merekam video beresolusi QCif 15fps. Walau begitu hasil gambarnya terbilang jelas dan tidak gelap untuk era nya hanya saja tangkapan video nya memang jelek.

Berikut contoh hasil kameranya yang saya ambil tahun 2013 saat tour sekolah.






Umur memang ga bisa bohong tapi bagi saya hp ini tetap memberi kesan yang spesial, terlepas dari spesifikasinya yang bikin geleng-geleng tapi kemampuan musiknya ga bisa di anggap remeh, desain hp ini juga sangat enak di genggam dan nyaman terasa kecil di banding hp jaman sekarang yang sudah kaya talenan tapi hp ini pas jika kalian pakai buat musik player.


Setiap orang pasti punya gadget favorit maupun gadget yang berkesan, untuk saya nokia 5130 Xpressmusik memberikan kenangan yang manis dan pengalaman nostalgia yang indah, hp ini bakal saya simpan dan jaga sebagai kenangan pergedgetan terbaik.

Ok segitu saja cerita panjang lebar yang bertele-tele ini. Semoga ga ngebosenin dan memberi manfaat walau sedikit.

Terimakasih...




0 Komentar