Sewaktu saya masih kecil musik-musik era 90'an akhir adalah musik pertama yang saya nikmati dan yang populer saat itu adalah lagu bergenre pop rock dan lagu-lagu RnB juga hip hop akulturasi musik mancanegara sangat berpengaruh kala itu, lalu masuk ke era 2000'an dengan banyaknya band yang juga punya lagu-lagu berkualitas. Tapi sekarang musik itu sudah hilang berganti jaman di mana anak muda sekarang lebih suka berjoget di aplikasi tiktok dengan lagu-lagu remix yang menurut saya kurang.


Saya mau sedikit cerita tentang era-era musik yang silih berganti mengikuti jaman. Berikut Catatan saya...

Era 90'an
90'an akhir adalah awal saya mengenal musik mulai dari koleksi kaset-kaset kakaku, tontonan acara-acara tv juga lihat di MTV yang memang membahas musik. Band-band seperti Sheila on 7, Dewa 19, Padi, Gigi, Caffeine, Base jam selalu hadir di tv. Atau pun lagu-lagu dari Potret, Iwa K, ME dll. Selalu kudengar saat itu

Era Band
Era 2000'an awal banyak bermunculan band-band pop yang punya karakter yang khas dan populer di jamannya sebut saja Sheila on 7, Ungu, Element, Ada Band dan Peterpan.

Era Musik Melayu
Menginjak 2005 tren musik pun berubah semenjak kemunculan Kangen Band dan ST12 yang membawa musik pop melayu yang membuat banyak band mulai masuk ke genre melayu seperti munculnya Hijau Daun, Wali, d'Bagindas dll. Sebenarnya banyak juga band-band dan penyanyi yang tidak bergenre melayu di era ini mereka semua di dukung oleh acara-acara musik yang hampir ada di semua chanel tv, mereka seakan di sediakan tempat yang begitu banyak di era ini. Ini juga era paling saya ingat dan berkesan.

Era Boyband & Girlband
2011 boyband Smash hadir mengawali era boyband dan girlband bergenre k-pop yang membuat pasar band mulai pudar dan terkesan segmented. Untung saja band-band indie bergenre alternativ masih punya pasar sendiri seperti Pee Wee Gaskins, Rocket Rockers, Killing Me Inside dll.

Era Dangdut
Masa boyband dan girlband terbilang singkat hanya beberapa tahun cepat terganti oleh penyanyi dangdut yang membawakan judul lagu unik pada masa itu lalu dangdut-dangdut koplo dan era via valen yang merubah banyak lagu jadi berbahasa jawa.

Era EDM
Dangdut belum hilang selera masyarakat bertambah lagi musik-musik EDM (elektronik dance music) luar dari Dj Alan Walker, Dj marshmallow, David gueta dll. Mulai marak di putar di mana-mana.

Era Tiktok
Sekitar 2017 aplikasi tiktok mulai marak di pakai oleh masyarakat banyak juga lagu-lagu yang di ubah aransemennya dan di buat remix demi menunjang backsong saat berjoget di aplikasi tersebut. Nenurut saya ini era paling tidak saya suka, di mana lagu lama yang mulanya enak jadi aneh dan itu malah di sukai oleh anak muda jaman sekarang. Jaman memang sudah berubah.

Itulah sedikit cerita dari catatan pengalaman saya mengikuti alur musik nusantara. Bagi saya musik memang hal yang sanga hebat dan menyenangkan, perubahan jaman banyak berpengatuh dalam perubahan pasar dan selera musik. Saya memiliki banyak referensi musik dari berbagai genre dan negara. hal hebat menurut saya, saat bisa menikmati semua genre baik dalam bahasa yang saya mengerti atau tidak.

Tapi...
Musik jaman sekarang adalah era paling saya tidak suka. Ntah lah, mungkin saya sudah mulai berumur atau sebagainya. Tapi saya berharap akan ada era di mana para musisi dan band mampu kembali menghasilkan karya berkualitas dan dapat kembali di dukung oleh media hiburan seperti TV atau Radio seperti dulu.

Itu saja tulisan panjang lebar dari saya. Sekian....

0 Komentar