Setahun terakhir saya merasakan jauh dari sosial media dan internet. Bukan benar-benar full tanpa internet, tapi intensitas membuka sosial media dan mengaktifkan internetnya lah yang sangat jauh berkurang, mungkin sekitar 80% berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.

Alasannya setahun terakhir saya menggunakan handphone yang mempunyai spek rendah yaitu advan s4p dan harga paket data di provider saya yang agak mahal dan juga saya memilih tidak memakai sim kedua untuk paket data.

Bermula dari handphone saya sebelumnya yang pecah LCD lalu setelah di servis saya merasa tidak nyaman dengan LCD barunya yang tidak original, Lalu saya jual dan mencari handphone lama saya untuk di pakai dan tidak terfikir untuk membeli handphone baru, setidaknya untuk waktu beberapa bulan. Tapi malah keterusan saya pakai sampai sekarang.

Awal-awal memang saya merasa kesal seperti membuka instagram yang tiba-tiba "force close" membuka youtube yang sering patah-patah sampai facebok yang harus pakai versi lite. Tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa mengurangi membuka semua itu, namun ada beberapa hal yang merepotkan bahkan sangat mengganggu, semisal membuka aplikasi e-commers, dompet digital dan aplikasi penting seperti google chrome dan yang terbaru aplikasi peduli lindungi. Untuk kasus-kasus itu saya biasanya meminjam handphone orang lain bahkan saya menunda beberapa saat padahal sudah sangat perlu.

Ternyata sesulit itu menggunakan handphone dengan spek rendah di tahun 2021 dan pasti tahun ini pun, selain spek yang tertinggal versi androidnya pun sudah tertinggal jauh yakni masih android kitkat yang pastinya sebagian aplikasi sudah tidak mendukung seperti youtube dan bahkan aplikasi lainnya sudah tidak dapat di download di playstore.

Sekarang saya lebih sering menggunakan handphone ini hanya untuk melakukan panggilan, whatsapp dan pemutar mp3 saja.

Banyak kekurangan di handphone ini yang membuat saya jauh dari internet dan sosial media, ya itu bagus tetapi banyak hal juga yang mengganggu keperluan saya lainnya yang memerlukan internet dan smartphone mempuni.

Semoga kedepannya saya bisa upgrade handphone yang speknya mumpuni di tahun ini agar bisa menginstal dan menjalankan aplikasi-aplikasi penting yang biasa saya pakai dan mulai mengurangi membuka sosial media seperti setahun terakhir sejak saya gunakan handphone dengan spek rendah.

Itu saja cerita pengalaman saya menggunakan handphone dengan spek rendah di tahun 2021...

0 Komentar