Di jaman yang serba internet ini kiranya kita selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang semakin memudahkan kita dalam beraktifitas, saya sendiri baru sadar ada beberapa fitur-fitur dasar yang di sajikan oleh teknologi dan internet bahkan sudah lumayan lama saya pake tapi baru merasakan manfaatnya akhir-akhir ini.

Beberapa fitur itu di antaranya,


1. Fitur Cuaca

Aplikasi Cuaca, baik dari aplikasi widget google maupun aplikasi/web lain seperti accuweather. Sejak dulu pun sebernarnya fitur ini sudah ada dan saya sudah tau, tapi dulu saya tidak terlalu sering memakainya bahkan hanya untuk iseng saja liat suhu dan prakiraan cuaca tanpa memanfaatkan nya dengan maksimal. Tapi akhir-akhir ini ntah kenapa saya sadar ternyata fitur ini begitu penting apalagi jika saya ada keperluan di luar atau saat saya pergi kerja, ya saat akan pergi maupun pulang kerja atau saat ada keperluan di luar saya sempat beberapa kali memakai fitur ini, fitur yang paling saya pakai adalah prakiraan cuaca perjam. Dengan fitur tersebut saya bisa mengira-ngira waktu turun hujan saat saya sedang di jalan di waktu tersebut, jadi saya bisa bersiap atau memajukan waktu perjalanan agar terhindar dari hujan. Walau sebenarnya tidak 100% akurat setidaknya saya bisa mengira-ngira dan mengantisipasi agar bisa menyiapkan kondisi saat hujan, tak jarang fitur cuaca ini sangan membantu saya.


2. Fitur lalu lintas di Google Maps

Satu lagi fitur yang paling kepake oleh saya akhir-akhir ini adalah kondisi lalu lintas di aplikasi google maps, ini mungkin fitur yang lama hadir di google maps tapi baru saya pake belum lama. dengan fitur ini saya bisa memantau arus lalu lintas di jalan yang saya akan lewati, benar-benar sangat membantu sekali ternyata fitur ini, mengingat jalur yang saya lewati saat pergi/pulang kerja memang ada titik-tikik kemacetan jadi saya bisa antisipasi untuk mengatur waktu perjalanan dan mencoba mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan sebelum masuk ke area kemacetan tersebut, atau saat ada perbaikan jalan yang menyebabkan kemacetan saat pulang kerja mungkin, saya bisa mengabarkan orang rumah bahwa kita akan pulang telat bahkan sebelum kita memulai perjalanan. Fitur ini jadi andalan saya sekarang kalau akan bepergian.


3. Fitur backup

Selanjutnya adalah fitur backup di aplikasi Whatsapp yang saya sering pake, sebenarnya sudah agak lama saya pake fitur ini tapi sekalian saja. Fitur ini berguna sekali untuk saya yang dulu sering gonta-ganti custom rom di hp android atau jika kita gonta ganti hp misalnya. Dengan fitur ini kita tidak perlu khawatir kehilangan history chat kita di Whatsapp yang mungkin penting dan tidak ingin kita kehilangan chat-chat tersebut mungkin karena terdapat chat penting atau chat spesial yang tidak ingin kita hapus. Sebenarnya bukan hanya di aplikasi Whatsapp saja, fitur backup pun banyak hadir di banyak aplikasi dan kondisi di smartphone kita.


4. Google Drive dan Photo

Aplikasi besutan google lainnya yakni google drive dan google photo adalah fitur bermanfaat lainnya yang saya pakai. keterbatasan memori penyimpanan di ponsel sering kali menyulitkan kita dalam menyimpan file-file penting yang berukuran besar atau berjumlah banyak, kadang kita kehabisan penyimpanan dan tidak bisa lagi menyimpan file-file tersebut. Penyimpanan external seperti microSD misalnya sering jadi solusi dengan pilihan penyimpanan yang lebih besar dan fleksibel bisa di pindah ke berbagai perangkat tapi tak jarang rusak dan menyebabkan file di dalamnya jadi korup. Saya sendiri sudah menyimpan beberapa foto, video dan beberapa file penting di aplikasi google photo dan drive dari sejak lama, walau ada beberapa foto penting yang lupa tidak saya backup di sana. Dan akhir-akhir ini pula lah saya baru merasakan manfaatnya, saya bisa melihat kembali ratusan foto-foto masa lalu yang masih tersimpan di google photo dan drive tanpa kerusakan maupun korup setelah bertahun-tahun, walau ada kekurangan di penyimpanan yang terbatas di 15 GB tapi masih bisa di akali dengan membuat akun lain atau berlangganan google one. Saya sendiri sudah cukup dengan 15 GB untuk saat ini.


5. Google Lens

Layanan google paling powerfull yang pernah saya coba, yaps!! Google lens adalah salah satu fitur pintar dari google yang dapat membantu saya melakukan apapun dengan sebuah gambar atau tangkapan kamera hp, di sini kita bisa mencari apapun dengan memotret objek tersebut, menerjemahkan tulisan berbahasa asing yang ada di depan kita cukup dengan mengarahkan kamera kita ke objek yang ingin kita terjemahkan, mengkopi tulisan yang ada pada gambar atau foto, dan berbagai fitur lainnya seperti belajar, belanja, tempat dan makanan. Fitur yang paling sering saya pakai dan menurut saya paling berguna adalah terjemahan, saya lumayan sering menggunakan fitur ini di kehidupan sehari-hari. Bisa menerjemahkan tulisan tanpa harus capek-capek menulis ulang tulisan nya di google terjemahan menurut saya sangan mempermudah dan bisa mempercepat.


Itulah beberapa pemanfaatan internet yang sangat membantu saya akhir-akhir ini, fitur-fitur di atas sangatlah berguna bagi saya dan mungkin bagi kebanyakan teman-teman lainnya. Teknologi tak selalu berdampak negatif dan pasti banyak tujuan-tujuan positif dari berkembangnya teknologi itu. 

Sekian dan semoga bermanfaat ...

0 Komentar